KEPADA TUHAN KAMI BERHUTANG, KEPADA NEGARA KAMI BERHUTANG, KEPADA ALAM KAMI BERHUTANG.......KONSULTASI GRATIS PROSEDUR, TATA CARA BERKAITAN DENGAN EKSPOR-IMPOR DAN HAL-YANG TERKAIT...email:nusaraya45@gmail.com

24/02/2016

Budidaya Jahe Merah

Budidaya Jahe Merah Dalam Karung

Berikut kami sampaikan urutan kerja yang bisa dijakalnkan untuk memulai budidaya jahe merah dalam karung. Budidaya jahe merah dalam karung adalah adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih untuk mensiasati keterbatasan lahan. Disamping itu, kelebihan lain dari budidaya jahe merah dalam karung adalah mengurangi resiko penyakit akar busuk secara massif. Hal ini karena jika tanaman jahe dalam karung diserang hama yang merusak akar/rimpang, tidak akan menyebar ke karung yang lain, berbeda dengan penenaman secara konvensional langsung di tanah. Keuntungan lainnya adalah lebih mudah dalam perawatan/pembersihan gulma dan lebih mudah dalam panen, karena tidak perlu mencangkul tanah sekitar rimpang, dimana tentunya juga mengurangi resiko jahe rusak pada saat pemanenan. Berikut urutan kerjanya setelah bibit jahe disiapkan dari persemaian.


Langkah pertama :
1. Bibit hasil dari penyemaian, berumur 1 (satu) bulan

Langkah kedua :
2. Bibit ditanam dalam karung dengan campuran media tanam : tanah, sekam, pupuk kandang. Satu karung bisa diisi 3 atau 4 bibit jahe merah dengan tinggi media tanam +/- 20-30 cm dari dasar karung.

Demikian semoga bermanfaat. Terkait dengan pertumbuhan dan perawatan budidaya jahe dalam karung akan kami sampaikan dalam tulisan berikutnya.

Salam satunusa




Post a Comment

ARTIKEL 33