KEPADA TUHAN KAMI BERHUTANG, KEPADA NEGARA KAMI BERHUTANG, KEPADA ALAM KAMI BERHUTANG.......KONSULTASI GRATIS PROSEDUR, TATA CARA BERKAITAN DENGAN EKSPOR-IMPOR DAN HAL-YANG TERKAIT...email:nusaraya45@gmail.com

03/04/2015

BERKEBUN DI RUMAH : KANGKUNG DALAM BOTOL AIR MINERAL


Berikut adalah peralatan dan urutan cara menanam kangkung di botol plastik bekas air mineral. Ini adalah hasil dari uji coba saya dan telah bisa di panen pada saat umur kangkung 32 hari. Berikut persiapan dan urutan cara pembuatannya :

Alat dan bahan yang dibutuhkan meliputi ;
1. Botol bekas air mineral,
2.Gunting,
3.Busa/spon/kain bekas sebagai penyerap air dan mencegah sekam bakar turun ke tempat
   penampungan air
4. Sekam bakar sebagai media tanam
5. Pupuk NPK


Tahap pertama ;

Potong botol air mineral menjadi 2, bagian atas (yang ada tutupnya) nantinya berfungsi untuk wadah media tanam (sekam bakar), bagian bawah berfungsi sebagai wadah penampungan air yang dibutuhkan tanaman
                                                            


                                                                        Tahap kedua ;
Lubangi dekat leher botol agak keatas dengan menggunakan solder. Lubang ini berfungsi untuk sirkulasi udara yang dibutuhkan akar tanaman.


Tahap ketiga ;
Lubangi tutup botol air mineral dengan menggunakan solder, berfungsi untuk lubang tempat rembesan air yang dibutuhkan tanaman
                                                          


Tahap keempat ;
Lubangi potongan botol air mineral yang digunakan untuk tambungan air, posisi lubang diatas sedikit dari garis tutup botol (merah), pada saat potongan bagian atas botol dimasukkan ke dalam tampungan air dengan posisi terbalik. lubang ini berfungsi untuk aliran air agar tampungan air tidah penuh.

                                                  

Gambar botol air mineral yang sudah siap untuk ditanami ;
                                                   


                                                   




                                                              Tahap kelima ;
Masukkan sekam bakar ke dalam potongan botol air mineral sebelah atas, isi potongan botol tampungan air dengan pupuk NPK yang sudah dilarutkan dengan air. Pindahkan kangkung dari tempat persemaian yang sudah tumbuh kira-kira 2 daun. Bisa juga langsung menanamkan bibit biji kangkung ke dalam botol (jangan terlalu dalam)

Gambar kangkung umur 2 minggu (14 hari)


                                                        

Kangkung yang saya dipanen pada umur 31 hari. Menurut beberapa sumber, kangkung bisa dipanen pada umur 30 - 40 hari. Kangkung saya panen dengan cara di gunting, dan saya sisakan batangnya, menunggu tumbuh lagi untuk panen berikutnya, disamping menyemai benih baru untuk pot yang baru.

Demikian semoga bermanfaat.









Post a Comment

ARTIKEL 33