KEPADA TUHAN KAMI BERHUTANG, KEPADA NEGARA KAMI BERHUTANG, KEPADA ALAM KAMI BERHUTANG.......KONSULTASI GRATIS PROSEDUR, TATA CARA BERKAITAN DENGAN EKSPOR-IMPOR DAN HAL-YANG TERKAIT...email:nusaraya45@gmail.com

05/07/2013

Penjelasan Ekspor-Impor


 EKSPOR - IMPOR

Seiring dengan perkembangan jaman, definisi mengenai ekspor dan  impor pada saat ini telah bergeser dari pengertian secara tradisional kepada pengertian yang lebih luas. Hal ini terjadi karena bepergian antar negara saat ini menjadi semakin mudah sehingga banyak orang yang bekerja sebagai expatriate di negara asing. Sementara itu perkembangan teknologi informasi juga membuat batas-batas wilayah negara seolah menjadi semakin tipis.

Definisi ekspor secara tradisional adalah suatu kegiatan dalam dunia perdagangan di mana suatu produk tertentu dikirimkan ke wilayah di luar batas teritorial suatu negara. Akan tetapi dalam definisi yang lebih luas, kegiatan ekspor dapat saja terjadi meskipun suatu produk berpindah tangan (dijual) dari seorang warga negara di negaranya sendiri kepada seorang asing (bukan warga negara) di wilayah negara si penjual tersebut. Hal ini bisa terjadi karena barang yang dimaksud secara hukum dinyatakan telah menjadi milik warga negara lain sehingga tidak bisa lagi dikatakan sebagai milik warga negara lokal yang menjualnya. 

Definisi impor secara tradisional adalah  suatu kegiatan dalam dunia perdagangan di mana suatu produk tertentu didatangkan (dibeli) dari suatu tempat di luar wilayah suatu negara tertentu. Sama seperti definisi secara lebih luas dari kata ekspor, kegiatan impor juga dapat dinyatakan telah terjadi meskipun barang yang dimaksud tidak dikirimkan melampaui batas-batas wilayah asal dari barang tersebut. Hal ini terjadi bila seorang yang menjadi pendatang di suatu negara asing membeli produk lokal dari negara tersebut.

Post a Comment

ARTIKEL 33