Program manajemen
adalah organisasi dan administrasi dari satu atau lebih program. Ini biasanya
mencakup semua aspek program, termasuk penganggaran, operasi, dan review.
Manajemen program yang berhasil memerlukan organisasi, komunikasi yang baik,
dan perhatian terhadap detail aplikasinya.
Program manajemen dan
manajemen proyek sering digunakan secara bergantian. Sementara banyak tanggung
jawab dan fungsi yang sama, dua fungsi yang berbeda. Program manajemen umumnya
mengacu pada menjalankan inisiatif permanen, atau yang dimaksudkan untuk
bertahan setidaknya selama beberapa tahun. Manajemen proyek biasanya mengacu
untuk mengelola sebuah proyek dengan tanggal mulai dan akhir ditetapkan tanggal
dan terdiri dari kiriman cukup konkret.
Manajer program
seringkali harus mengelola beberapa proyek jangka pendek atau inisiatif yang
jatuh di bawah naungan program mereka. Sebagai contoh, sebuah perusahaan
mungkin meluncurkan program loyalitas pelanggan. Ini bisa terdiri dari
penerbitan kartu diskon pelanggan, mengirim email ulang untuk mengulang
pelanggan, dan menawarkan keuntungan seperti penjualan khusus atau pengiriman
gratis kepada pelanggan dengan ketentuan tertentu. Masing-masing inisiatif akan
menjadi proyek terpisah selama tahap set-up, tetapi proyek perlu bekerja sama
untuk menciptakan program yang sukses.
Komponen manajemen
program yang baik termasuk penetapan tujuan, perencanaan, organisasi, dan
pelaksanaan yang efektif. Manajer program yang kuat yang mampu melacak tugas
individu dan rincian dan untuk memastikan bahwa semua dijalankan dengan benar
dan tepat waktu. Pada saat yang sama, mereka harus selalu menjaga gambaran
besar dalam pikiran dan mampu beradaptasi dengan perubahan prioritas. Mereka
juga harus menjadi negosiator yang baik yang dapat bekerja dengan baik dengan
departemen lain dan stakeholder.
Program manajemen
mencakup berbagai tugas. Para manajer harus mengatur, memonitor, dan mengelola
anggaran program, misalnya. Mereka juga harus memilih vendor untuk melaksanakan
setiap fungsi outsourcing dan mungkin perlu untuk mengawasi staf. Jika program
ini diatur oleh sumber luar, seperti lembaga pemerintah, mereka harus
memastikan bahwa program mengikuti semua aturan dan pembatasan yang
diberlakukan oleh lembaga. Mereka juga mungkin perlu untuk melaporkan status
keuangan atau operasional program dari waktu ke waktu.
No comments:
Post a Comment